Cara Membuat Burger Hitam

Burger Hitam Bandung

Kuliner di kota Bandung..Kota dengan beragam khas kuliner yang dapat dicari di kota ini. Seringpula disebut sebagai kota kuliner di Jawa Barat. Banyak sekali jenis makanan, mulai dari makanan berat, cemilan, dessert sampai oleh oleh yang dapat ditemukan di kota bandung ini.

Saat ini saya akan membahas mengenai burger hitam.
Apakah ada yang belum mengetahui mengenai jenis burger yang berwarna hitam ini ? Warna hitam yang didapat pada roti burger ini bervariasi, mulai dari bahan tinta cumi, arang bambu, pewarna kue, dll.
Yang paling enak rasanya adalah burger hitam yang terbuat dari arang bambu.
Alasannya karena arang bambu jepang yang terkenal menyehatkan ini membuat roti burger ini tidak mempunyai aroma yang amis dan warna yang dihasilkan dari arang bambu ini benar benar pekat hitam nya.

Di kota Bandung salah satunya, sudah banyak cafe yang menjual jenis burger hitam ini, antara lain: 
  • Sonoma Resto
  • Suga Rush
  • Burgerocks
  • Lisung Cafe & Resto
  • Sudirman street Foodcourt
Di Jakarta terdapat di :
  • OTW Gading
  • Kebab Express
  • BlackjackFoodtruck
Di Bogor terdapat di :
  • 150 Eatery
Dan di banyak kota lainnya sudah banyak sekali yang menjual Burger hitam ini mulai dari pedagang kaki lima sampai dengan kelas cafe. Penjual rata rata mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi setelah menjual Burger Hitam ini dikarenakan sedang trend kuliner yang berwarna hitam.
Untuk harga jual konsumen di Bandung bervariasi mulai dari harga 15 ribu, 
di Jakarta,Bogor,Tangerang, Bekasi rata rata bisa menjual di kisaran 20 ribu - 45 ribu. Menurut saya, suatu harga jual yang lumayan fantastis jika dapat dibandingkan dengan resto resto franchise luar negeri yang menjual roti burger meskipun tidak dengan warna hitam.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat burger hitam :
  1. 1 buah roti burger hitam
  2. Daging burger grill (contoh merk: Yona,Bernardi,dll)  
  3. Mentega secukupnya
  4. Mayonaise (merk Euro Gourmet)
  5. Saos tomat dan sambal
  6. Bawang bombay secukupnya
  7. 1/2 potong buah tomat
  8. Lettuce
  9. Melted Keju (Red Cheddar, Mozarella, atau Kraft Melted)   
  10. 1 slices Smoked Beef (optional) 

Cara Membuat resep Burger Hitam :
  1. Siapkan 1 buah roti burger hitam, lalu belah jadi 2 bagian
  2. Olesi Roti burger bagian atas dan bawah dengan mentega, lalu dipanggang dengan api kecil sebentar saja hanya sampai dengan hangat
  3. Panggang daging burger grill dengan sedikit olesan bumbu BBQ dan bawang bombay dengan mentega sedikit, tumis sebentar.
  4. Oleskan mayonaise, saos tomat lalu masukan tumisan bawang bombay, tomat, lettuce, serta daging burger grill nya. (Keju optional untuk sesuai selera)
  5. Tambahkan sambal sesuai selera  

Mau mencoba olahan Burger Hitam yang menjadi trend kuliner saat tahun kemarin 2015 ? Silahkan cari di kota Anda atau bisa datang ke Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi dan Bogor karena dijamin pada tahun 2016 ini pedagang burger hitam akan tumbuh subur di area area tempat nongkrong dan makan anak-anak muda..






Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Burger Hitam"

Post a Comment